Yogyakarta, Setelah Ratusan Purnama…

“Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu, JAHAT!”

Yup, itulah kalimat yang paling iconic dari film AADC 2 yang dirilis bulan April lalu. Film fenomenal yang lokasi syuting-nya di Jogja ini, membuat gue dan tentunya banyak orang ingin sekali kembali mengunjungi Jogja untuk melakukan napak tilas dari lokasi-lokasi dari film yang mepertemukan kembali Rangga dan Cinta setelah empat belas tahun tersebut. Kemudian gue dan tiga orang sahabat memutuskan untuk mengunjungi beberapa lokasi yang booming karena film tersebut. “Tapi kita gak boleh ada yang bawa pasangan ya!” kata seorang sahabat. OK!!! Macam punya pasangan aja broh…

Hari Kamis tibalah kita di Bandara Adisucipto, Jogja. Dengan perut keroncongan langsung kita menuju Ayam Geprek Bu Rum. Mau dong digeprek, eh itu digerepek woii…Jadi ayam geprek ini adalah ayam goreng tepung yang ditumbuk bareng tahu dan tempe goreng sama cabe rawit sesuai selera, pedesnya nampol banget di bibir. Selain itu kita juga sempet mencoba Mi Ayam Bu Tumini yang cenderung manis dan rame banget antriannya. Konon, mi ayam ini bisa terjual lebih dari 700 mangkok seharinya. Wow!!!

Menjelang sore, kembali ke plan awal untuk hari pertama dimana ada beberapa spot yang udah kita plan seperti Borobudur, Amanjiwo Resort dan Gereja Ayam karena searah di daerah Magelang. Apa daya karena Jogja sekarang rame banget akan turis dan objek wisata yang jauh-jauh, kita pun sedikit mengubah itinerary awal.

“Ngak usah ngoyoh ya bro kali ini, yang penting kita have fun aja, daripada nguber semua tempat malah kecapean” akhirnya terucap kesepakatan baru dikarenakan situasi dan kondisi seperti ini.

Sampailah kita di Borobudur yang tidak akan pernah habis nilai magis-nya, buat gue ya. Sayangnya, kita cuma punya waktu setengah jam aja untuk foto-foto karena objek wisata ini segera ditutup pukul 17.30. Dan setiap kali ke Borobudur, pasti selalu ada abege-abege yang nyamperin gue “Kak, boleh foto bareng ngak?” aheyyyy…berasa Aliando eim!

Mentari pun kembali ke peraduannya. Sedaap gak tuh bahasa gue?! Mau bilang udah malem aja susah banget ya. Hahaha…Perut pun mulai kembali keroncongan, saatnya kita mencicipi Sate Klatak  Pak Bari di daerah Wonokromo. Yup, ini salah satu tempat Rangga modusin Cinta di AADC2. Di saat sate klatak lainnya sudah tutup pada malam hari, sate ini masih rame banget, emang dahsyat ya orang Indo kalo masalah latahan begini. Buat yang nggak ngerti sate klatak itu adalah sate daging kambing muda. Satu porsi terdiri dari 3 tusuk dan hanya dihargai 20k saja. Tersedia juga gulai kambing, sup kambing, dan nasi goreng kambing. Busettt semua serba kambing, lah nanti kalo malem kepala nyut-nyutan gimana nih? Kan nggak ada yang bawa pasangan ceritanya. Woles ajah deh.

Selesai sudah perjalanan di hari pertama, akhirnya kita berempat menuju hotel untuk check-in dan istirahat. Kali ini kita nginep di Hotel Adhisthana Prawirotaman. Hotel bernuansa Jawa klasik ini sangat bersih dan menarik. Selain lokasinya yang strategis berada di dekat pusat keramaian, banyak sekali spot foto buat gue pengen bernarsis ria. Emang dasarnya narsis ajeee…

Keesokan harinya, gue mengajak genk untuk ke objek wisata yang lagi rame di Instagram. Sekitar 40km di daerah barat Jogja, ada sebuah wisata alam bernama Kalibiru, di daerah Kulon Progo. Sumpah, ini baru hari Jumat tapi udah rame aja turisnya. Gak pada kerja apa?! Selain harus nunggu petugas yang lagi sholat Jumatan, kita juga harus mengambil nomor antrian cuma untuk berfoto di anjungan pohon pinus dengan pemandangan latar berupa waduk dan hutan hijau. Setelah menunggu seharian dan melihat hasil fotonya, WOW gak nyesel deh. Sedikit tips buat yang mau foto di Kalibiru, mendingan datang lebih pagi untuk ambil nomor urut dan gunakan saja jasa foto profesional yang disediakan karena hanya dikenakan biaya 5k saja per foto. Murah dan hasilnya jauh lebih bagus daripada pake HP sendiri dan ngeribetin temen buat motoin.

img_7846-01

Setelah hampir seharian menghabiskan waktu di Kalibiru, kita pun memutuskan kembali ke daerah Malioboro untuk bersantai dan menikmati suasana malam kota Jogja. Wait, gimana kalo kita ke Mirota Batik aja? Yang gue tau ada The Raminten Show setiap hari Jumat dan Sabtu jam 19.00. Yes, semacam kabaret atau drag show gitu cukup membayar 50k dan sekalian bisa dinner disitu. Sambil menyantap makan malam, kita pun dibuat terpingkal dengan aksi Agnezmo, Anggun, Rihanna, Beyonce sampe Zara Larsson. Bukan beneran ya, hanya artis jadi-jadian yang konyol dan sangat menghibur. Cucok!

20160826_202830-01

Pada hari ketiga setelah sarapan, kembali kita melanjutkan perjalanan ke suatu tempat yang juga lagi hits di Instagram, yaitu Hutan Pinus Mangunan. Banyak sekali pengunjung yang mayoritas kumpulan anak muda ataupun pasangan muda yang ingin memburu spot bagus buat foto dan menikmati suasana hutan pinus yang rindang dam adem banget. Enak banget nih kalo bisa gandengan, masa gw gandengan sama pohon? Hiks… Di beberapa spot juga tersedia layanan sewa hammock buat kalian yang ingin bersantai. Dan lagi-lagi anjungan di pohon pinus menjadi tren untuk berfoto saat ini.

Mendekati tengah hari cuacapun semakin panas, sepanas hati gue kalo liat gebetan ditikung sahabat sendiri. Boong deh, gue mah ikhlas, kalo emang mereka jodoh kan kita mah bisa apa? Lah, dia malah curhat.

Tujuan berikutnya ke Candi Prambanan. Nggak ada tujuan khusus sih sebenernya kesini, cuma pengen foto-foto eksis aja di candi Hindu terbesar di Asia Tenggara yang dibangun pada abad ke-9 ini. Beuhh, pinter ya gue? Tinggal Google keleus.

20160827_152730-01

Kembali ke tujuan awal yaitu napak tilas AADC2, kita pun sempat mengujungi Greenhost Hotel yang merupakan tempat pertama Rangga bertemu Cinta setelah ratusan purnama tersebut. Lokasinya di Jalan Prawirotaman hanya beberapa ratus meter dari Hotel Adhisthana tempat kita menginap. Boutique Hotel ini sangat unik dan dipenuhi dengan nuansa warehouse dan tanaman-tanaman hijau. Tidak jauh dari sana, juga kita sempat menyeruput kopi di Sellie Coffee. Warung kopi kecil dan tua ini juga salah satu lokasi iconic dari film AADC2 ketika Cinta bilang “Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu, JAHAT!”

Tak lengkap rasanya jika ke Jogja kita tidak menghabiskan malam hari di ALUN-ALUN!!! Ada yang berbeda dengan kunjungan gue ke alun-alun kali ini. Sekarang lebih rame dan seru dengan adanya becak-becak LED dengan desain dan lampu yang yang sangat colorful. Percayalah, Jogja itu kota yang sangat romantis, apalagi di malam hari. Pengamen yang biasanya bikin risih di Jakarta aja bisa terdengar sangat melankolis di kota ini. Oh, how I wish you were here with me. Siapa? Ya kamuh.

20160826_222302-01

Malam terakhir di Jogja pun akhirnya berlalu dengan sangat berkesan, tapi tetap aja masih kurang sempurna tanpa kamu. Modus, semoga dia baca ini tulisan gue ini. HAHAHA. Tibalah hari keempat, dimana ini adalah hari terakhir perjalanan gue dan sahabat-sahabat gue kali ini. Mereka bertiga pun balik ke kota masing-masing dengan flight pagi, sementara gue sendirian balik dengan flight malem. Baiklah, masih banyak banget objek wisata yang ada di list dan belom kesampean. Kemana kira-kira tujuan terakhir gue? Tadaaaa… gue pun memutuskan untuk ke Klaten. Gue pernah liat ada satu tempat untuk berfoto underwater bernama Umbul Ponggok. Dengan modal semangat 45 dan ditemani seorang teman yang memang tinggal di Jogja, gue pun melesat ke Umbul Ponggok. Lagi-lagi ramenya nggak ketulungan. Tapi untunglah banyak jasa foto underwater yang disediakan disini, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama. Cukup membayar 60k saja per session selama 30menit. Ada banyak properti tambahan yang bisa digunakan seperti sepeda, becak, motor, laptop, gapura, bunga dan sebagainya. Sungguh pengalaman baru yang tak terlupakan deh.

DCIM100GOPROGOPR0976.

Demikianlah akhirnya gue bertolak ke bandara untuk kembali mencari cinta yang sesungguhnya di ibukota. Azek! Terima kasih teman-teman (Fauzi, Erfan, Saiful dan Diego), terima kasih kamu yang udah kasih surprise, Matur Nuwun Jogja yang selalu menjadi salah satu tempat favoritku di negeri ini. Sampai jumpa di ratusan purnama berikutnya!

-Rangga-

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s